Mojosarirejo Meriahkan Hari Kemerdekaan RI

Bulan Agustus identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tercinta ini. Berbagai lapisan masyarakat dan lingkungan merayakannya dengan penuh sukacita dan totalitas. Tak terkecuali di desa Mojosarirejo, Kecamatan Driyorejo ini, yang merayakan HUT Kemerdekaan RI dengan totalitas dan meriah. Atas prakarsa Kepala Desa, Sukendah, kemudian dibentuklah panitia peringatan HUT RI dan Sedekah Bumi yang kegiatannya dimulai dari tanggal 28 Juli hingga 24 Agustus 2018.

Kegiatan yang dilaksanakan yakni lomba bola volly, lomba catur, lomba panjat pinang, lomba kebersihan lingkungan, lomba karnaval, kemudian ada kegiatan puncak yakni ISHARI, Sedekah Bumi, dan Malam Penghargaan plus Ludruk. Pembukaan peringatan HUT RI di desa Mojosarirejo ditandai dengan opening ceremony yang dilaksanakan tanggal 28 Juli 2018, sekaligus pertandingan bola volley pertama. Lomba bola volley di desa Mojosarirejo nampaknya sukses mencuri perhatian desa – desa lain karena disini menyajikan pertandingan yang seru, menegangkan, dan sarat kualitas. Pasalnya, dalam regulasi yang dibuat panitia, setiap RW boleh mendatangkan pemain dari luar. Bahkan pemain Samator Junior pun turut bergabung di RW 06 desa Mojosarirejo. Hanya saja dewi fortuna kurang memihak RW 06 pada pertandingan final, sehingga mampu dikalahkan oleh RW 04 yang berjuluk Sendang Ijo ini. Di posisi ketiga dan keempat ada RW 07 & RW 02 yang bertarung tak kalah sengit. Bagaimana tidak, kedua tim harus bertanding 5 set untuk menjadi nomor tiga.

Pada cabang lomba yang lain yakni catur, tidak kalah seru dan menegangkan. Lomba catur pada tahun ini menggunakan sistem beregu, satu RW terdiri dari 3 orang. Pada perebutan tempat ketiga, RW 08 berhadapan dengan RW 01. Sayang sekali karena salah satu anggota regu dari RW 08 tidak hadir pada malam itu. Keunggulan jumlah pemain di sisi RW 01 dimanfaatkan dengan baik sehingga RW 08 harus puas berada di posisi ke 4 sedangkan RW 01 meraih juara 3. Selanjutnya, pertandingan final berlangsung amat tegang dan sengit antara RW 07 dan RW 03. Awalnya RW 07 unggul melalui kemenangan Hari Wijoyo melawan Idris, kemudian RW 03 melakukan comeback setelah memperoleh 2 kemenangan beruntun yang ditutup oleh Yanto. RW 03 berhak menjadi juara pertama dalam lomba catur desa Mojosarirejo.

Untuk memeriahkan lingkungan di desa Mojosarirejo, maka diselenggarakanlah lomba kebersihan lingkungan. Hal ini tentunya bertujuan untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih, sehat, dan indah. Warga desa Mojosarirejo sangat antusias dalam menghias lingkungannya terbukti dengan jumlah nilai yang ketat. Berikut perincian peraih juara harapan 3 hingga juara 1, yakni RT 08/ Rw 03 juara harapan 3 dengan nilai 310 , RT 03/ RW 10 juara harapan 2 dengan nilai 313, RT 02/ RW 01 juara harapan 1 dengan nilai 318, RT 11/ RW 03 juara 3 dengan nilai 320, RT 09/ RW 03 juara 2 dengan nilai 325, RT 03/ RW 01 juara 1 dengan nilai 350.

Ada pula lomba panjat pinang yang tak kalah meriah karena hadiah yang disiapkan sangat banyak dan menggiurkan. Lomba ini diselenggarakan pada tanggal 17 Agustus 2018 ba’da Isya. Beberapa ada yang pulang dengan tangan kosong, beberapa ada yang tersenyum bahagia karena berhasil mencapai puncak dan mendapat hadiah.

Serangkaian lomba peringatan HUT RI di desa Mojosarirejo kemudian ditutup dengan lomba karnaval pada tanggal 19 Agustus 2018.