Usaha Sapu Lidi Dusun Ngembes

Di desa Mojosarirejo di Dusun Ngembes pada tahun 2010 adalah awal mula usaha yang dikembangkan oleh Pak Suhar yang saat ini menjabat sebagai kepala dusun Ngembes. Usaha yang dimaksud adalah pembuatan barang untuk kebersihan seperti sapu ijuk, sapu lidi, pel karet dan lain-lain. Pada saat itu ada sekolompok Mahasiswa dari Universitas Surabaya (Unesa) yang sedang melakukan KKN. Mahasiswa KKN tersebut membuat program kerja yang digagas oleh Dosen Pembimbingnya yang bernama Bu Winarsih untuk membuat alat-alat tersebut. Tetapi mereka tidak mengerjakannya sendiri, mereka mengajak warga sekitar termasuk Pak Suhar untuk membuat alat-alat tersebut. Dan akhirnya berbuah hasil yang bisa diwariskan kepada warga sekitar oleh Mahasiswa KKN.

Pak Suhar lah yang berhasrat besar untuk dapat mengelola produk tersebut. Beliau bertanya kepada Bu Winarsih tentang informasi bahan dasar produk tersebut. Akhirnya, Pak Suhar mengetahui bahan tersebut dan ditawari Bu Winarsih untuk pelatihan membuat produk tersebut di Surabaya.

Sudah 7 tahun usaha yang dikembangkan Pak Suhar berjalan dengan lancar. Beliau sempat bilang bahwa laba bersih dari usaha tersebut bisa mencapai 15 juta perbulan. Produk tersebut memiliki nama merk Violet, mengapa bernama Violet karena beliau terinspirasi dari nama kelompok KKN Unesa yang bernama Violet yang mengajak beliau dan warga sekitar untuk membuat produk tersebut sebelum pelatihan di Surabaya.

Rencananya beliau ingin mengembangkan usaha tersebut ke berbagai wilayah dengan awal mula di sekitar Desa Mojosarirejo.

Alamat : Dusun Ngembes RT 14 RW04 Desa Mojosarirejo, Kecamatan Driyorejo, Gresik
No Telp : 085854835164